Manfaat Buah Bit Untuk Melawan Kanker dan Cara Mengolahnya

Manfaat Buah Bit Untuk Kanker - Sebagian orang menganggap ubi bit merah adalah buah. Faktanya dia adalah tanaman umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah seperti singkong atau ubi. Sayuran ini banyak dikonsumsi karena kandungan manfaat buah bit baik untuk kesehatan.

Sebelum mengenal buah bit, saya selalu mengonsumsi jus wortel untuk minuman kesehatan. Namun setelah mendengar manfaat dan nilai kandungan buah bit saya langsung mencobanya di rumah. Agak mahal memang, tapi sebanding dengan khasiat yang didapat.

Penyebab mahalnya buah bit karena tanaman ini tidak tumbuh di Indonesia, melainkan berasal dari daratan Amerika Utara dan Inggris (kalau dalam bahasa inggris namanya Beetroot). Maka dari itu, mungkin kamu belum pernah menemukan buah ini dimana pun kecuali di supermarket-supermarket dengan harga yang lumayan.

Bentuknya bulat menyerupai bawang bombay berwarna merah, punya bau yang khas dan rasa yang unik. Saya mencoba mencicipinya langsung setelah kulitnya dikupas, dicuci sampai bersih, dan dipotong-potong. "Kriuk-kriuk" kurang lebih seperti itu bunyinya ketika saya kunyah, rasanya seperti mengunyah buah pear atau apel.

Ketika saya kupas, saya cuci hingga memotongnya, buah ini selalu meninggalkan bekas merah. Warnanya itu memang sangat mudah meninggalkan noda dimana saja, seperti saat kita mengupas kunyit.

Buah bit ini biasanya saya buat jus untuk minuman kesehatan. Meski rasanya tidak enak dan baunya seperti tanah, namun saya harus tetap meminumnya.

Karena ubi bit merah mengandung banyak komponen yang diperlukan untuk tubuh, antara lain: kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, B6 dan C, karbohidrat, protein, antioksidan dan serat.

Kelebihan buah ini memiliki unsur penting berupa Folat dan B9 untuk perumbuhan sel. Apabila kita mengonsumsi setengah cangkir bit, itu sama saja kita sudah memenuhi 17 % asupan folat harian yang di rekomendasikan.

Yang terpenting adalah buah bit tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.



Ruincian Nilai Gizi Pada Setiap Satu Buah Bit


No
Kandungan (per buah)
Persentase
Fungsi
1
Asam Folat
34%
Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak
2
Kalium
14,8%
Menjaga dan memperlancar keseimbangan cairan dalam tubuh
3
Serat
13,6%
Melancarkan pencernaan
4
Vitamin C
10,2%
Pertumbuhan jaringan dan menormalkan saluran darah
5
Magnesium
9,8%
Menjaga fungsi otot dan syaraf
6
Triptofan
1,4%
Membantu pertumbuhan dan perkembangan dalam tubuh
7
Zar Besi
7,4%
Meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh
8
Tembaga
6,5%
Pembentukan sel darah merah
9
Fosfor
6,5%
Memperkuat tulang dan gigi
10
Caumarin

Mencegah Tumor
11
Betasjanin

Anti kanker


Manfaat Buah Bit untuk Mencegah Sel Kanker


Jika dilihat dari komposisi kandungan nutrisi buah bit yang disebutkan pada tabel. Ada beberapa senyawa seperti vitamin C, serat dan senyawa betanin. Gabungan senyawa tersebut dapat membantu memerangi sel-sel kanker.

Selain itu kandungan zat besi yang tinggi pada buah bit, turut berperan dalam melawan sel kanker. Zat besi dapat membantu proses regenerasi sel darah merah, sehingga berpengaruh pada jumlah oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh.

Apabila jumlah oksigen cukup, ini akan sangat membantu sekali dalam meningkatkan respirasi sel. Pelru kamu tau, Tingginya respirasi sel turut membantu dalam membunuh dan melenyapkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Sederet nutrisi yang terkandung dalam buah bit membuat sayur umbi-umbian ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat dari buah bit selain memerangi sel kanker? mari kita simak bersama.

Diabetes
Penyakit ini memang bisa membahayakan penderitanya jika tidak dicegah sejak dini. Menurut alodokter, Konsumsi buah bit terbukti dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Tanda dan Gejala Umum Diabetes / Penyakit Kencing Manis

Jantung dan tekanan darah
Jus buah bit dipercaya mampu mengurangi tekanan darah meski hanya sedikit. Ini karena buah bit mengandung banyak nitrat yang nantinya diubah menjadi nitrit oksida. Nah, nitrit oksida tersebut diyakini mampu menurunkan tekanan darah.

Untuk jantung, buah bit dipercaya mampu mengurangi peradangan terkait penyakit jantung. Ini berkat kandungan pigmen merah betacyanin yang ada dalam tanaman bit. Namun masih dibutuhkan informasi dan penelitian lebih lanjut untuk mendukung manfaat buah bit untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Otak
Kandungan nitrat pada bit yang nantinya di ubah menjadi nitrit oleh bakteri di dalam mulut, membantu membuka "memperlebar" pembuluh darah. Proses tersebut juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke daerah yang membutuhkan. Sehingga berguna untuk melawan gejala pikun pada lansia.

Hati
Beberapa bukti penelitian menyatakan bahwa kandungan kimia dalam bit dapat membantu menghancurkan timbunan lemak di hati. Namun masih perlu bukti otentik untuk menjelaskannya.

Pencernaan
Buah bit memiliki kadar serat tinggi. Ini sangat baik untuk sistem pencernaanmu.

Peradangan
Kolin pada bit mampu membantu gerakan otot, memori dan tidur manusia. Selain dari pada itu, kolin berperan dalam membantu mempertahankan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronik.

Maksimalkan kerja otot ketika berolahraga dan aktifitas fisik
Apabila kamu gemar berolahraga, kamu bisa membuat jus bit untuk membantu meningkatkan respon otot. Jus bit bisa lencarkan asupan oksigen ke otot selama berolahraga.

Mengobati Anemia
Kita ketahui bersama bahwa zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin / sel darah merah. Buah bit kaya akan zat besi, sehingga dapat menurunkan resiko terkena anemia.

Harga Buah Bit

Buah bit banyak ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan dan supermarket-supermarketi besar. Biasanya sudah dikemas dan berisi antara 2-3 buah bit. Buah bit biasa dihargai sekitar 65 ribu sampai 100 rb tergantung jumlah buahnya. Memang dirasa mahal tapi itu sebanding dengan manfaat yang bisa didapat, dan ini juga buah impor jadi memang harus sedikit mengeluarkan kocek yang agak lebih tinggi.

Cara Mengolah Buah Bit Menjadi Jus Anti-Kanker

Membuat Jus dari buah bit sangat mudah kamu lakukan. Kamu tinggal blender buahnya saja dan kemudian di minum. Namun apabila ingin menambah rasa yang nikmat. Kamu bisa menambahkan beberapa buah lain kedalamnya.

Bahan-bahan :
  • 1 buah bit merah ukuran sedang
  • 50 gram buah apel
  • 75 gram wortel
  • 200 ml air es

Cara membuat jus:
  • Cuci bersih buah bit dari segala kotoran yang menempel
  • Kupas dan potong-potong buah bit bersama dengan wortel
  • Potong-potong juga buah apel, lalu masukkan semua bahan ke blender.
  • Blender hingga halus, dan kemudian tuang ke dalam gelas saji.
  • Sajikan jus bit segera selagi dingin supaya lebih nikmat.

0 Response to "Manfaat Buah Bit Untuk Melawan Kanker dan Cara Mengolahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel