Tips Sukses Menjalani Kerja Sambil Kuliah Agar Bisa Berjalan Lancar Sesuai Harapan

Tips Sukses Menjalani Kerja Sambil Kuliah Agar Bisa Berjalan Lancar Sesuai Harapan — Saat ini, banyak anak muda yang semangat dengan peningkatan karir dan pendidikannya demi mencapai kesuksesan yang lebih matang.

Bukan hanya anak muda saja, bahkan orang tua pun masih tetap semangat untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi meski sudah memiliki karir yang terbilang bagus. Bila hanya dipikirkan diawal saja memang terasa sangat mudah dan akan berjalan lancar.

Namun pemikiran yang mudah tersebut tidak akan sama pada kenyataannya. Semua harus disamaratakan waktunya antara karir dengan pendidikan. Sebagai langkah yang sering diambil adalah kuliah sambil bekerja.

Nah, orang-orang yang kuliah sambil bekerja biasanya hanya memikirkan diawal saja, tanpa memikirkan proses dan akhirnya. Maka tidak heran kebanyakan dari orang yang mengambil langkah bekerja sambil kuliah, akan mendapat banyak kendala terutama ketika sedang terjadi masalah pada tempat kerjanya atau banyak tugas di tempat kuliahnya.

Jadi, jika semua tidak dapat diselesaikan dengan baik, maka yang terjadi adalah putus kuliah dan lebih mementingkan pekerjaan. Untuk hal-hal yang seperti ini, sebenarnya masih ada cara untuk meminimalisirkan gangguannya.

tips kerja sambil kuliah

Bagaimana caranya? Dibawah ini ada beberapa Tips Kerja Sambil Kuliah yang bisa diikuti oleh Anda, agar semua bisa berjalan dengan lancar sesuai yang Anda inginkan.

1. Memprioritaskan Hal Yang Lebih Penting

Tips Kerja Sambil Kuliah yang paling pertama, Anda harus memiliki pendirian terlebih dahulu sebelum perkuliahan di mulai. Entah Anda harus memprioritaskan kuliah atau pekerjaan terlebih dahulu, itu sesuai dengan pemikiran Anda.

Jika pekerjaan Anda sangat deadline dengan waktu, ada baiknya Anda menyelesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu dengan tepat waktu dan untuk kuliahnya, Anda bisa mengambil kelas karyawan yang banyak diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) atau universitas lainnya yang ada di Indonesia.

Biasanya, kelas karyawan memiliki jam perkuliahan yang bisa Anda pilih mau masuk pagi atau malam. Semua bisa Anda sesuaikan dengan waktu kerja Anda.

Bisa juga Anda mengambil kuliah Sabtu dan Minggu atau kuliah online yang hanya mengerjakan tugas-tugas dan diskusi hanya dari e-learning yang diadakan kampus saja. Namun, bila Anda memiliki tugas penting di perkuliahan Anda, tentu Anda harus memprioritaskan perkuliahan Anda terlebih dahulu.

2. Pihak Kantor Mengetahui Bahwa Anda Kuliah

Biasanya, kuliah adalah hal yang ditutup-tutupi di tempat kerja terutama didepan atasan penting di kator tempat Anda bekerja. Mengapa? Karena pihak kantor biasanya tidak mau karyawannya memiliki kinerja yang tidak baik apabila karyawannya sambil kuliah.

Akan tetapi itu hal yang menjadi salah apabila diteruskan. Karena, ketika Anda harus masuk kuliah tepat waktu karena ada ujian seperti UTS dan UAS atau bahkan Skripsi, Anda akan dihadapkan dengan kesulitan izin dari tempat kerja Anda.

Jadi, Tips Kerja Sambil Kuliah yang baik adalah bicaralah kepada atasan Anda bahwa Anda kuliah, jika memang atasan Anda mengerti, maka itu tidak jadi masalah.

3. Manajemen Waktu Yang Baik

Tips Kerja Sambil Kuliah selanjutnya adalah memanajemin waktu, sangat diperlukan bagi Anda yang sedang kerja sambil kuliah. Bila kerja pagi, Anda bisa masuk kuliah malam. Sebaliknya, bila Anda bekerja di waktu malam, Anda bisa kuliah di waktu pagi.

Biasanya ini adalah sistem shift yang terjadi di kelas karyawan yang memiliki pekerjaan shift juga.  Sepintar-pintarnya Anda saja dalam memanajemen waktu Anda. Jangan sampai semua menjadi sulit karena Anda tidak bisa memanajemen waktu yang terbilang sangat singkat ini.

4. Mencari Pekerjaan Berwaktu Fleksibel

Pekerjaan yang memiliki waktu fleksibel sangat menguntungkan bagi Anda, bila Anda mendapatkannya. Sebab, waktu yang fleksibel tersebut, bisa Anda gunakan kerja tanpa harus menganggu waktu kuliah.

Sebenarnya ini tidak menjadi kewajiban, karena kita semua ketahui mencari pekerjaan adalah hal yang susah-susah gampang. Namun sangat baik bagi Anda, apabila Tips Kerja Sambil Kuliah yang keempat ini bisa Anda dapatkan.

5. Tetap Memberikan Performa Baik di Kantor

Tips Kerja Sambil Kuliah yang terakhir ini menjadi sebuah kewajiban bagi Anda yang bekerja sambil kuliah. Jangan sering ambil lembur bila Anda tidak mampu memanejemen waktu kerja dengan waktu kuliah Anda.

Bila penurunan kinerja dan performa Anda sangat terlihat di kantor, maka Anda akan memiliki potensi besar untuk kehilangan pekerjaan Anda.

Bekerja sambil kuliah itu sama seperti mencari pekerjaan, yaitu susah-susah gampang. Semua juga tidak ada yang instan dalam hidup ini. Terkadang untuk mencapai kesuksesan memang membutuhkan waktu perjuangan yang lama dan kerja keras yang maksimal. Jadi, untuk Anda yang sedang dalam posisi bekerja sambil kuliah, bisa melakukan Tips Kerja Sambil Kuliah diatas. Semoga berhasil, dan semoga sukses.

0 Response to "Tips Sukses Menjalani Kerja Sambil Kuliah Agar Bisa Berjalan Lancar Sesuai Harapan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel