Cara Mengatasi Sitemap XML Parsing Error Pada Prestashop

Prestashop merupakan platform CMS berbasis E-commerce gratis terbaik saat ini. Tersedia banyak fitur yang berguna untuk meningkatkan optimasi penjualan produk secara online. Meski demikian, palform ini memang sedikit agak membingungkan bagi pemula yang ingin belajar membuat toko online sendiri.

Salah satunya adalah cara setting sitemap XML di prestashop. Tidak seperti Blogger atau Wordpress yang bisa kita setting langsung dari Google Webmaster Tool. Prestashop harus kita setting terlebih dahulu melalui modul yang disediakan.

Saat setting sitemap terkadang permasalahan muncul. Sitemap yang kita submit tersebut mengalami error atau tidak terayap oleh google. Hal tersebut bisa berdampak buruk dan dapat mengakibatkan website kita tidak muncul di mesin pencarian google.

Penyebab sitemap eror biasanya terjadi karena kita tidak men-submitnya dengan benar atau website masih dalam tahap pembuatan. Eror sitemap juga bisa terjadi karena Anda merubah URL http menjadi https.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut akan saya bagikan solusi memperbaiki sitemap xml yang eror pada prestashop.

cara add sitemap prestashop

Cara Setting Sitemap di Module Prestashop (1_index_sitemap.xml)


Sebelum memulai sebaiknya kita cek terlebih dahulu apakah sitemap dari module prestashop sudah benar-benar terinstal atau belum. Jika belum silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

Perlu Anda ketahui bahwa prestashop memiliki 2 peta situs. Pertama peta situs untuk gambar (1_index_sitemap.xml) dan yang kedua adalah peta situs untuk url setiap halaman website (sitemap.xml). sitemap untuk gambar bisa kita instal lewat module prestahsop, sedangkan sitemap untuk url setiap halaman bisa kita submit secara manual melalui admin Cpanel.

1. Silahkan login halaman Adamin prestashop Anda dan masuk ke Modules and Service
2. Pilih SEO di List of modules dan silahkan aktifkan (Jika belum ada silahkan instal terlebih dahulu)

module SEO google sitemap prestashop

3. Jika sudah kita menuju ke Google Webmaster tools. Silahkan login dan masuk ke dashboardnya (Jika Anda belum punya silahkan buat terlebih dahulu dan segera submit website Anda di Google Webmaster Tools)
4. Pilih Sitemap dan jika sudah terinstal maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

setting sitemap prestashop

5. Tunggulah beberapa saat sampai muncul pesan success.

Cara Setting Manual Sitemap XML Prestashop Melalui Cpanel


Langkah selanjutnya adalah membuat sitemap atau peta situs untuk setiap halaman website Anda. Bagian ini paling penting supaya website Anda segera terindeks oleh google. Jadi silahkan simak baik-baik cara submit sitemap xml prestashop di cpanel / root directory berikut ini.

1. Silahkan buka situs xml-sitemap generator disini. Masukan url domain website Anda. Klik Start dan tunggulah sampai proses generate selesai.

cara setting manual sitemap xml prestashop



2. Jika proses selesai klik view sitemap details.

3. Pada halaman berikutnya klik download untuk mengambil file nya.

generate file sitemap

4. Silahkan simpan file sitemap xml di komputer Anda, dan cek apakah sitemap yang kita unduh tadi ter-generate dengan baik seperti gambar dibawah. Caranya: Klik kanan file Sitemap.xml -> Open With Notepad.



5. Langkah berikutnya silahkan masuk ke dashboard Cpanel Anda, misal : www.tokoonline.com/cpanel.

6. Jika sudah  klik File Manager -> Pilih folder public_html.

Perlu Anda perhatikan disini jika di folder public_html sudah ada file sitemap.xml silahkan Anda hapus atau rename terlebih dahulu supaya proses upload file berjalan dengan baik.

7. Upload file sitemap.xml yang sebelumnya Anda unduh.


8. Selanjutnya  kembali ke halaman google webmaster tools dan lihat apakah sitemap.xml sudah muncul. Jika sudah tunggu beberapa jam hingga muncul pesan success di kedua Sitemap untuk gambar produk dan url halaman/page website.

cara submit sitemap prestashop


Demikian tutorial cara mengatasi sitemap.xml eror pada prestashop. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang baru belajar membuat toko online sendiri.

0 Response to "Cara Mengatasi Sitemap XML Parsing Error Pada Prestashop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel