Cara Mudah Buat NPWP Online Terbaru

Apa itu NPWP?

NPWP kepanjangan dari Nomer Pokok Wajib Pajak berbentuk fisik kartu dan divalidasi oleh serangkaian nomer seri. Nomer-nomer tersebut digunakan kantor pajak untuk mengetahui identitas para wajib pajak.

Wajib pajak sendiri digolongkan menjadi dua bagian, yakni Perorangan dan Badan Usaha. Lalu apa itu wajib pajak? wajib pajak adalah pihak yang menerima penghasilan dari suatu perusahaan maupun dari badan usaha milik sendiri.

cara daftar npwp

Mengapa Saya Harus Punya NPWP?

Jika Anda adalah seorang profesional maka akan sangat diperlukan sekali memiliki NPWP. Terlebih jika Anda adalah seorang pengusaha muda yang ingin menambah jaringan atau kolega untuk memperluas badan usaha yang Anda kelola.

Selain untuk identitas diri sebagai warga yang taat pajak, memiliki NPWP adalah sebuah kewajiban. Bila tidak, maka Anda akan dikenakan pajak lebih tinggi dari biasanya.

Lalu Bagaimana Cara Agar Saya Bisa Mendapatkan NPWP?

Jaman serba digital saat ini semua bisa dilakukan dengan cara online. Anda tidak perlu lagi repot-repot datang dan mengantri panjang untuk mendapatkan sesuatu. Bahkan untuk urusan NPWP, Cukup daftar untuk login dan upload dokumen dalam bentuk softcopy, Anda akan mendapatkan NPWP dengan mudah!.

Perlu digaris bawahi disini, daftar NPWP online saat ini hanya untuk orang pribadi saja, baik itu karyawan swasta, pegawai negri sipil hingga wiraswasta. Sementara NPWP badan usaha atau perusahaan tetap harus datang langsung ke kantor pajak.

Berikut adalah syarat dan dokumen yang diperlukan untuk membuat NPWP secara online:

  1. Email aktif
  2. Scan KTP Elektronik
  3. Scan Keterangan tempat kerja bagi karyawan
  4. Scan SK PNS bagi PNS / ASN
  5. Scan SIUP atau Surat Keterangan Usaha


Jika sudah siap semuanya mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Membuat Akun Baru NPWP Online


Untuk mendaftar, silahkan kunjungi situs resmi ereg pajak https://ereg.pajak.go.id/login. Kemudian klik daftar untuk membuat akun baru. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1. Klik daftar

cara membuat akun npwp online

Langkah 2. Masukkan email aktif Anda

cara masukkan email npwp online



Langkah 3. Buka dan silahkan cek email masuk Anda, kemudian klik link yang diberikan untuk verifikasi


Langkah 4. Silahkan isi data diri Anda



Langkah 5. Cek email kembali dan silahkan klik link untuk Akktivasi



Selamat akun Anda berhasil dibuat.

2. Cara Isi Formulir NPWP Online


Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran NPWP  secara online. Silahkan login akun yang barusan Anda buat terlebuh dahulu.


Langkah 1. Isi kategori wajib pajak, contoh: Orang Pribadi. Jika tidak ada NPWP Suami atau Pusat Kosongkan sajaKlik next


kategori wajib pajak

Langkah 2. Silahkan isi identitas lengap Anda, Klik Next


Langkah 3. Isi sumber penghasilan Anda

Ada 4 pilihan jenis pekerjaan seperti:

  1. Pekerjaan dalam hubungan kerja - Contoh disini adalah pegawai atau karyawan, entah itu pegawai swasta, pegawai negri sipil, BUMN atau lainnya.
  2. Kegiatan Usaha - Contoh apabila Anda memiliki usaha sendiri, misalkan Anda punya warung makan, toko elektronik, toko sembako, warnet, dan lain-lain.
  3. Pekerjaan Bebas - Contoh jika memiliki keahlias khusus, seperti notaris, dokter, bidang digital.
  4. Lainnya - Contoh jika Anda memiliki pekerjaan selain 3 yang disebutkan di atas, misalnya adalah Anda seorang freelance, desainer website, dll.

Langkah 4. Isi Alamat Tempat Tinggal Anda

Silahkan lengkapi alamat tempat tinggal Anda saat ini (sesuai yang dituliskan di KTP). Oh ya tapi bagaimana jika tempat tinggal saya saat ini tidak sesuai yang ada di KTP? karena saat saya menikah saya tinggal dan bekerja di jakarta, namun alamat di KTP saya saat masih bersama orang tua di surabaya?

Untuk kasus ini apabila Anda memiliki alamat tempat tinggal yang tidak sesuai dengan KTP, secara aturan diperbolehkan. Namun ada beberapa kantor pajak di setiap kecamatan memiliki kebijakan yang berbeda. Jadi lebih baik isi kolom tempat tinggal sesuai apa yang dituliskan di KTP.

Isi semua kolom di bawah ini dan jangan ada yang kosong. Bagaimana jika Anda tidak punya nama jalan? silahkan isi dengan nama Dusun atau Desa atau Kelurahan.


Langkah 5. Isi Alamat Usaha Anda. Jika tidak punya silahkan klik next saja.

Langkah 6. Isi Tanggungan dan Penghasilan Anda maksimal 3. Jika Anda memiliki anak lebih dari 3 tetap diisi maksimal 3.

Langkah 7. Isi Persyaratan yang dibutuhkan. Silahkan upload KTP Anda dan surat pernyataan usaha / pekerjaan bermaterai. Jika sudah silahkan di next saja. Note: Jika memilih kirim manual, Anda harus kirim fotokopi KTP via JNE atau POS Indonesia.

cara upload ktp di situs npwp online

Klik checklist pernyataan terakhir Benar dan Lengkap


3. Cara Konfirmasi Permintaan Formulir NPWP Online


Langkah 1. Minta Token

Selelah melengkapi semua isian menu formulir pendaftaran NPWP dan klik Finish, maka Anda akan dialihkan ke menu dashboard / halaman Anda. Silahkan klik tombol "Minta Token".


Jika sudah, Anda akan mendapatkan pesan seperti gambar di atas dan slahkan periksa email masuk Anda.


Langkah 2. Kirim permohonan NPWP online

Langkah berikutnya adalah mengunjungi halaman dashboard milik Anda kembali dan klik tombol "Kirim Permohonan". Kemudian paste-kan kode yang tadi Anda ambil dari email.


Setelah diklik, silahkan masukkan kode dai email yang Anda copy sebelumnya.

cara masukkan kode wilayah di npwp online

Jika sudah selesai semua,silahkan menunggu informasi selanjutnya. Biasanya proses permohonan ini akan diselesaikan dalam 14 hari kerja.

4. Solusi Jika Permohonan NPWP Anda ditolak

Permohonan NPWP online tidak selamanya berjalan mulus. Terkadang ada beberapa kasus permohonan di tolak. Ada kemungkinan dari website ereg pajak itu sendiri yang sedang bermasalah. Misal ketika Anda sedang upload meski sudah terupload tapi karena server website ereg pajak sedang down maka permohonan Anda ditolak. Jika demikian lebih baik Anda tunggu sebentar sampai website kembali normal.

Kemungkinan lain adalah Anda belum melampirkan surat keterangan kerja dari tempat Anda bekerja. Tapi bagaimana mungkin saya bisa upload surat keterangan kerja tapi di situs ereg pajak tidak ada kolom untuk upload keterangan kerja? Solusinya adalah silahkan Anda scan KTP dan surat keterangan kerja menjadi 1 lembar gambar. Atau Anda bisa menggunakan kamera Smartphone Anda untuk mengambil foto KTP + surat keterangan kerja.

Demikian artikel Cara Buat NPWP Online Terbaru 2018 yang bisa saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mudah Buat NPWP Online Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel