Cara Menghemat Tinta Printer Epson R230

Tentu Anda sudah mengenal Printer Epson R230, yang menurut saya memiliki kualitas cetak terbaik, sehingga printer ini cocok digunakan untuk usaha menengah  hingga rumahan, seperti photo studio, undangan, toko online hingga percetakan. Tapi tek jarang kita menemukan kendala yang dihadapi dan hal ini sering terjadi seperti halnya pemakaian tinta yang boros, apalagi ketika printer ini sedang melakukan Head Cleaning. Meski demikian Anda tidak perlu kuatir, disini saya akan mencoba berbagi tips dan trik bagaimana cara menghemat tinta printer ini.

cara hemat tinta printer epson r230

Sebenarnya trik seperti ini tergolong mudah dan tidak perlu ada keahlian khusus, rahasianya adalah pada Chip Resetter Manualnya. Resetter memiliki fungsi utama sebagai pengembali indikator tintar menjadi penuh kembali. Namun disisi lain setelah beberapa percobaan dan pengalaman saya, ternyata kita bisa menggunakan alat tersebut untuk mengurangi pembuangan tinta pada printer. Berbeda ketika kita menggunakan Chip Auto Resetter yang ada pada Catride tinta infus.

Jadi seperti ini, apabila keenam indikator tinta anda sudah penuh semua, saat printer sering digunakan dan salah satu tinta mengalami Low Ink (misal tinta hitam) / sudah hampir habis, maka printer akan mengalami Head Cleaning secara otomatis saat mengembalikan indikator tinta hitam yang hampir kosong tadi menjadi penuh kembali. Tapi disisi lain itu sama saja kelima tinta yang lain akan ikutan berkurang saat printer melakukan Head Cleaning.

Baca Juga: Penyebab Printer Epson Tidak Mau Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

Sebaliknya, saat salah satu tinta warna habis dan printer melakukan Head Cleaning, maka tinta hitam habis juga akan ikut berkurang yang sebelumnya juga sudah direset secara otomatis.  Seperti itu seterusnya, jika kita perhatikan justru hal tersebut hanya akan membuang-buang lebih dari 50% tinta yang ada. Karena disetiap 6 tinta akan butuh reset secara otomatis, coba Anda bayangkan jika hal tersebut terus terjadi, maka akan sama saja kita membuang banyak uang.

Sebetulnya kita tidak akan bisa menghindari proses Head Cleaning otomatis pada printer supaya tinta pada Head tidak kosong. Tapi ada cara supaya hal tersebut tidak terjadi, yaitu dengan menggunakan Resetter Manual, begini caranya:

  1. Lepas semua Catridge di Printer Catridge
  2. Silahkan ambil Resetter Manual, kemudian reset seluruh tinta dengan cara menempelkan Chip pada bagian pegas yang ada pada Resetter.
  3. Pastikan semua Chip sudah di reset (ditandai lampu hijai muncul di LED Resetter). Jika belum silahkan ulangi.
  4. Jika sudah direset semua, silahkan pasang kembali Catridge ke printer seperti semula
  5. Jika semua selesai printer siap digunakan kembali.

Bagaimana guys? mudah ya? seperti itulah Cara Menghemat Tinta Printer Epson R230. Poin terpenting dari langkah diatas adalah ketika Anda melakukan reset. Disini anda harus mereset secara keseluruhan ke enam tinta tersebut, jika tidak maka akan percuma saja dan akan sama saja halnya ketika kita menggunakan Chip auto Resetter.

Cara tersebut sudah saya buktikan sendiri dan sudah saya terapkan disini. Saya sudah merasakan perbedaan sebelum saya menggunakan trik ini, yang dulu harus membeli dua kali Tinta Printer kini hanya sekali dalam beberapa waktu saja. Apalagi jika anda yang menggeluti usaha sendiri, tentu akan sangat boros dalam menggunakannya dan harus berpikir dua kali bagaimana cara meminimalisir pengeluaran usaha.

0 Response to "Cara Menghemat Tinta Printer Epson R230"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel