Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak

Siapa yang tak ingin memiliki anak dengan gigi kuat dan sehat? Setiap orang tua pasti mendambakan demikian. Gigi berlubang pada anak memang lumrah terjadi. Hal tersebut karena email gigi susu lebih lemah jika dibandingkan dengan email gigi orang dewasa. Ditambah anak menyukai makanan manis yang bisa membuat gigi mereka sangat rentan dari kerusakan.

Dikutip dari situs resmi pepsoden, berikut kami akan mengulas bagaimana gigi berlubang terjadi dan apa solusi untuk melindungi gigi anak-anak dari kerusakan.

mencegah gigi berlubang pada anak

Penyebab gigi berlubang Pada Anak


Di dalam rongga mulut anak merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri-bakteri tersebut secara alami membentuk substansi lengket yang disebut plak. Plak ini jika dibiarkan akan menumpuk dan melapisi gigi. Ketika anak Anda makan, bakteri tersebut kemudian mengeluarkan zat kimia dan bercampur dengan plak gigi sehingga menghasilkan asam. Nah asam inilah yang kemudian dapat mengikis email gigi Anak Anda dan membuatnya berlubang.


Tanda-tanda gigi berlubang Pada Anak


Apabila saat anak Anda makan, kemudian terasa ngilu atau bau mulut, ada kemungkinan giginya telah berlubang. Anda juga bisa melihat disekitar mulut anak Anda. Apakah gigi susunya berwarna pucat kehitaman? Jika ya, sebaiknya segera periksa ke dokter gigi dan memberikan perawatan terbaik disana supaya tidak gigi membusuk dan infeksi.

Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang pada anak?


Jika anak Anda diketahui giginya berlubang, dokter gigi mungkin akan memberikan gel fluride atau pernis untuk merekatkan area itu. Namun jika keadaan gigi rusak parah, dokter mungkin akan menambal atau mencabutnya.

Bagaimana cara mencegah gigi berlubang pada anak?


Praktek terbaik adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan menjaga pola makan pada anak. Terlalu banyak konsumsi makanan makanan gula, bertepung dan minuman ringan dapat memperparah kerusakan gigi. Sebab bakteri pada plak bergantung pada makanan tersebut. Mulai saat ini kurangi makanan tak sehat tersebut selain merusak gigi juga tidak bagus untuk pertumbuhan putra-putri Anda. Tak hanya demikian Anda juga harus memperkenalkan makanan kaya nutrisi dan vitamin. Seperti sayur, buah dan ikan. Sejatinya makanan tersebut dapat memineralisasi air lir anak sehingga membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh plak.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang atau Plak Gigi

Jadikan kebersihan mulut sebagai bagian dari kebiasaan dan rutinitas - Menjaga kebersihan mulut itu penting. Berbeda dengan mitos yang ada, seperti gigi susu akan mempengaruhi gigi permanen/dewasa yang akan dimiliki putra-putri Anda di kemudian hari. Sebab bakteri bisa berpindah dan berkembang ke geraham serta juga dapat berpidnah dari orang tua ke anak. Oleh karena itu Anda perlu mengarahkan mereka untuk menyikat gigi sejak dini/ saat gigi anak Anda baru tumbuh. Ketika putra-putri Anda bisa menyikat gigi sendiri awasi hingga usia mereka mencapai tujuh tahun.

Berikut cara mengajarkan anak-anak menjaga kesehatan gigi:
  1. Cukup minum air putih sesudah makan
  2. Sikat gigi sebanyak dua kali sehari selama 2 menit
  3. Sikat seluruh permukaan dan sela-sela gigi dan menggunakan sikat gigi yang pas di mulut mereka. Sikat gigi juga harus diganti setiap 2 sampai 3 bulan
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride jika putra-putri Anda berumur 2 tahun ke atas, ini sangat ampuh mencegah gigi berlubang.
  5. Usahakan menggunakan floss, ini penting dilakukan setiap hari guna menghindari pembetukan plak di ruas gigi.

Tanamkan kebiasaan membersihkan gigi yang benar kepada putra-putri Anda, sampai mereka mampu merawat gigi dan gusi mereka sendiri. Hal ini berguna dikemudian hari hingga mereka dewasa. Mereka pun akan menikmati senyum yang lebih indah, sehat dan lebih lebar selama bartahun-tahun kedepan.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel