Cara Mudah Setting HT Pxton PX 8600P USA

Seperti HT Baofeng UV 5R, Radio Pxton 8600P adalah HT dual band dengan rentang frekuensi VHF 136 - 174 MHz / UHF 400 - 520 MHz. Bentuk minimalis namun memiliki Output Power hingga 8 Watt (tidak seperti UV 5R meski dituliskan 8 namun pada kenyataannya hanya 5,5 watt). Harga HT ini sangat terjangkau, tapi tidak bisa dianggap remeh. Fitur dan Spesifikasinya hampir bahkan sama dengan Handy Talky seperti Icom, Alinco, dan Motorola. Dengan standar IP57 radio ht yang diusung USA membuatnya anti debu, air dan getaran. Begitu Fantastis bahkan Anda tidak akan mempercayainya!

cara setting ht pxton px 8600p

Berikut adalah bagaimana cara kita men-setting HT Pxton PX 8600P:

1. Ketika radio dalam keadaan mati, silahkan masuk ke pengaturan mode [VFO] / mode luar memori HT.
Caranya: Tekan dan Tahan tombol [MENU] sambil menghidupkan radionya. *Untuk melihat apakah HT sudah masuk mode [VFO] atau [memori] perhatikan bagian sudut kanan layar. Jika Anda melihat ada nomer/angka kecil disebelah kanan layar, itu berarti radio masih dalam mode [memori]. Demikian jika angka kecil disebelah kanan layar tidak ada berarti radio dalam keadaan mode [VFO]. Jika sudah mengerti, kita anggap langkah ini kita abaikan.

Contoh Pengaturan Frekuensi
  • Setting RX: 143.500
  • Setting TX: 140.500
  • Setting SHIFT/DUPLEX : minus (-)
  • Setting OFFSETnya: 3000
  • TONE: 123.0

2. Silahkan Masukan Frekuensi Rexicve (RX)nya. Contoh: 143.500

3. Kemudian cara masukkan SHIFT dan Duplex / (SHFT-D) HT Pxton 8600P:
Tekan MENU kemudian tekan angka 2 dan 5, tekan MENU kembali, pilih selisih frekuensinya apakah  - / + / OFF dengan tombol naik turun, disini saya pilih minus ( - ).

4. Langkah selanjutnya adalah cara memasukkan angka selisih / OFFSET radio Pxton 8600P:
Ketik langsung pada keypad / papan tombol, contoh format: 003000, kemudian tekan MENU dan selanjutnya tekan EXIT untuk keluar.

5. Berikutnya Cara masukkan TONE:
Tekan MENU, kemudian tekan angka 1 dan 3, disini akan muncul tulisan T-CTCS. Selanjutnya tekan kembali MENU, silahkan atur TONE-nya ke angka 123.0. Kemudian tekan kembali MENU untuk ENTER. Jika Anda tidak menggunakan TONE, atur posisi OFF dan tekan EXIT untuk keluar. Selamat pengaturan TONE selesai. *Apabila kita ingin melihat apakah pengaturan sudah dilakukan dengan benar, silahkan tekan tombol PTT dan perhatikan angka pada layar: Jika angka yang tadinya terlihat 143.500 kemudian menjadi angka 140.500, dan saat lepas tombol PTT akan terdengar suara repiter, itu berarti kita sudah sukses melakukan setting frekuensi dan pengaturannya.

Note: Apabila suara balik dari repiter tidak terdengar ketika melepaskan tombol PTT, coba Anda perharikan dulu pada pengaturan STE. Apakah masih dalam posisi ON atau sudah OFF? Supaya suara balik dari repiter terdengar, silahkan atur dulu ke dalam posisi OFF.

6. Cara simpan frekuensi HT Pxton PX 8600P:
Tekan tombol MENU kemudian tekan angka 2 lalu tekan angka 7. Akan ada tulisan MEM-CH, silahkan tekan MENU kembali dan tanda panah akan berpindah ke bawah. Lalu pilih nomer di nomer berapa kita ingin menyimpannya, dengan cara menekan tombol tanda panah naik turun pada papan tombol. Secara deafult / pabrikan akan terlihat nomer  [0 0 0 0 ], jika kita ingin menyimpan di nomer urut satu [01], sillahkan ketik [0 0 0 1] kemudian tekan MENU untuk ENTER. Jika penyimpanan berhadil maka akan terdengar suara GOOD FORM. Silahkan tekan tombol EXIT untuk kelar. Selamat pengaturan penyimpanan frekuensi telah selesai!.

7. Langkah terakhir: matikan radio dan hidupkan kembali dengan tekan dan sambil tahan tombol MENU untuk masuk ke mode memori HT. Kita akan melihat dilayar frekuensi 143.500 dan angka kecil 01 pada bagian layar kanan HT.

Baca Juga : Cara Setting HT Pxton px 1200P

Demikian cara singkat setting HT Pxton PX 8600P made in USA untuk rekan-rekan pengguna HT Pxton dimanapun berada. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang membutuhkan pengaturan HT ini. Akhir kata Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, semoga keselamatan, rahmat dan keberkahan dari Allah berlimpah kepada kalian.

0 Response to "Cara Mudah Setting HT Pxton PX 8600P USA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel