16 Manfaat Minyak Biji Jintan Hitam atau Habbatussauda Dalam Dunia Medis Modern

Black Seed Oil atau dikenal dengan nama Minyak Biji Jintan Hitam merupakan herbal yang sangat dianjurkan oleh nabi kita baginda Muhammad SAW. Tak heran mengapa herbal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan penelitian mengungkapkan bawah biji jintan mampu mengatasi kegemukan dan obesitas.

minyak biji jintan hitam


Apa itu Biji Jintan?

Biji Jintan dengan nama arab Habbatussauda adalah tanaman kecil dan memiliki bunga berwarna ungu pucat, biru, dan putih yang tumbuh di wilayah Asia Barat dan Timur Tengah. Herbal ini biasa digunakan oleh masyarakat India dan Timur tengah sebagai penyedap dan pengawet alami untuk masakan. Memiliki rasa khas pedas- pahit dan bisa dikombinasikan dengan bawang merah, lada hitam dan oregano. Cocok digunakan untuk memasak, memanggang dan meracik minuman.

Selain itu Biji Jintan Hitam bisa menambah kecantikan kulit sejak ribuan tahun silam. Cukup mengoleskannya pada kulit, maka akan memberikan efek yang bisa menghaluskan. Saat ini Minyak Jintan Hitam diolah menjadi shampo, produk perawatan kulit, parfum, hingga sebagai minyak untuk pijat.

Manfaat Sehat Minyak Biji Jintan Hitam / Habbatussauda


1. Meningkatkan Kualitas Sperma
University of Malaysia tahun 2014 dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine dalam penelitiannya mengutarakan habbatussauda atau minyak jintan hitam bisa meningkatkan kualitas sperma dan membantu menyokong struktur jaringan organ testis sehingga menjadi lebih baik. Terlebih rata-rata pria adalah perokok berat, maka sangat dianjurkan mengonsumsi biji jintan hitam ini. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan nikotin bisa menurunkan kualitas sperma, sehingga dapat mengurangi kelincahan untuk berenang (motilias) dan bahkan dapat mempengaruhi ukuran normalnya.

2. Melawan Kanker
Senyawa antioksidan etanol pada jintan hitam diketahui bisa menghambat keganasan sel kanker. Penelitian terbaru Hwyda Arafat,M.D., Ph.D., Profesor bedah dari Fakultas kedokteran Universitas Thomas Jefferson, jintan hitam bisa menghasilkan hingga 80% perlindungan terhadap stress oksidatif dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh bisa mengakibatkan stress oksidatif, sehingga bisa berakibat pada kerusakan sel hingga kanker.

3. Mengobati Gejala Diabetes Tipe 1
Sebuah penelitian dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia tahun 2014, minyak jintan hitam mengandung senyawa aktif Thymoquinone (TQ). Senyawa ini dalam dosis tinggi dapat menghambat perkembangan gejela diabetes tipe 1 secara menyeluruh. Penelitian di Complementary Therapies in Medicine pada 2015 menemukan bahwa herbal ini mampu mengatur kadar gula darah dan kolesterol.

4. Menyembuhkan Rematik
Penelitian Immunological Investigations menemukan fakta pada setiap 43 Wanita dengan rematik ringgan sampai sedang ketika mengonsumsi kapsul minyak jintan hitam atau plasebi setiap hari selama sebulan, bahwa mereka mengalami pengurangan gejala arthritis, peradangan darah, dan jumlah sendi yang bengkak.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Penemuan baru pada penelitian Shahrekord University of Medical Sciences di Iran melaporkan bahwa, orang-orang dengan hipertensi ringan ketika mengonsumsi pil ekstrak habbatussauda, penyakit tekanan darah mereka turun hingga 75% selama dua bulan. Temuan ini mereka peroleh setelah melakukan pengujian pada 3 kelompok orang.

Kelompok pertama diberi pil ekstrak habbatusauda dengan dosis 100 mg, sedangkan kelompok kedua diberikan dosis 200 mg, sementara kelompok ketiga tidak diberikan pil ini. Setelah delapan minggu, kelompok pertama dan kedua mengalami perubahan pada nilai tekanan sistolik dan diastolik mereka. Kedua kelompok tersebut mengalami penurunan dibandingkan bagi mereka yang tidak meminum pil sama sekali, penurunannya memang tidak signifikan yaitu hanya sekitar 1-3 mmHg.

Pil ekstrak habbatusauda / minyak biji jintan hitam ternyata juga mampu menurunkan kolesterol total dan jahat LDL, sekaligus menambah kualitas kolesterol baik HDL. Namun efek penyeimbang kolesterol dari jintan hitam ini hanya bereaksi kepada mereka yang memiliki kolestrol ringan, kemampuan yang sama tidak mempan pada orang dengan kadar kolesterol normal.

6. Menyehatkan Fungsi Hati dan Ginjal
Menurut sebuah penelitian, minyak jintan hitam diyakini dapat mengurangi komplikasi penyakit hati dan memperbaiki kinerja organ ginjal. Senyawa pada jintan hitam membantu menurunkan level BUN dan Kreatin yang dapat memicu kerusakan pada ginjal. Secara signifikan jintan hitam juga memberikan aktivitas enzimatik serum Superoxide Dismutase (SOD) dan Glutathion Peroxidase (GTH-Px) serta meningkatkan aktifitas enzimatik jaringan dari catalase (CAT), SOD dan juga GTH-Px, itu semua sangat bermanfaat bagi mengoptimalkan kinerja ginjal.

7. Mengobati Pilek
American Journal of Otolaryngology dalam penelitiannya memberikan fakta bahwa jintan hitam dapat mengurangi gejala arthritis (dinilai oleh skala rating DAS-28, jumlah sendi yang bengkak dan tingkat resiko peradangan darah.

8. Menurunkan Berat Badan
Sebuah riset dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders menemukan bahwa minyak jintan hitam cukup ampuh dalam mengatasi obesitas. Biji jintan hitam dalam kemasan suplemen juga terbukti dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) atau body mass index yang tidak memiliki efek samping berbahaya.

9. Mengatasi Insomnia
Manfaat tidur sangat baik untuk menunjang produktivitas seseorang ketika bekerja di siang hari. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, silahkan meminum jamu yang dicampur dengan minyak jintan. Ini berkhasiat memperbaiki kualitas tidur Anda sehingga memberikan tubuh yang vit ketika beraktifitas di siang hari.

10. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Jintan hitam mengandung asam linoleat dan asam linolenat yang dibutuhkan otan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Sangat cocok bagi Anda yang sering lupa seperti lupa taruh barang, atau menyimpan sesuatu. Ini juga membantu konsentrasi Anda sehingga tidak mudah terpecah.

11. Meningkatkan Sistem Imun / Daya Tahan Tubuh
Ahmad Al Qadhy bersama peneliti di Amerika Serikat memberikan hasil penelitiannya, bahwa dengan konsumsi 1 gram jintan hitam setiap hari ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai macam radikal bebas dan penyakit. Jika Anda merasa badan tidak vit baru-baru ini, segera konsumsi rempah ini supaya tidak gampang terkena penyakit.

Manfaat Cantik Minyak Biji Jintan Hitam / Habbatussauda


12. Mengurangi Eksim dan Psoriasis (Peradangan Kulit)
Menurut penelitian minyak biji jintan hitam adalah rempah yang baik untuk mengurangi tingkat eksim ditangan. Habbatussauda juga memiliki manfaar antipsoriatik yang ampuh dalam mengatasi Psoriasis.

13. Anti Inflamasi
Radang ini bukan disebabkan oleh mikroorganisme atau bakteri

14. Menyingkirkan Jerawat
Efek anti-mikroba dan anti-radang pada Nigella Sativa menunjukan pada kulit wajah yang berjerawat dalam menumpas jerawat. Sebuah penilitian mengatakan, dari 58 peserta menilai minyak biji jintan lumayan ampuh dalam mengatasi jerawat pada wajah. Sisanya merasa hasilnya biasa saja.

15. Sebagai Facial Scrub
Baru-baru ini banyak sekali produk kecantikan yang ternyata memanfaatkan minyak jintan hitam sebagai bahan campuran untuk facial scrub. Produsen percaya dan sudah melakukan uji klinis bahwa herbal ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus meremajakan kulit. Senyawa pada Nigella juga dapat meresap sempurna kedalam kulit dan membantu meregenerasi sel-sel kulit.

16. Mengurangi Rambut Rontok
Rambut adalah mahkota, jika tidak dirawat tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Terlebih masalah kerontokan rambut yang sangat menjengkelkan. Memijat kepala dengan minyak jintan hitam dipercaya mampu mengatasi kerontokan rambut. Pijatlah secara lembut sampai minyak meresap kedalam kulit kepala.

0 Response to "16 Manfaat Minyak Biji Jintan Hitam atau Habbatussauda Dalam Dunia Medis Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel